Masih Belum Kesampaian Ke Monas? Inilah Sekian Banyak Alasan Kamu Harus Kesana!

Jika Kamu punya cita-cita mengunjungi Menara Eiffel di Paris, Big Ben di London, atau Patung Liberty di New York, mendingan tanya dulu ke diri sendiri, 

"Sudah pernah mengunjungi Monas, atau belum?"

sumber: news.okezone.com

Secara jarak bisa jadi hanya sejengkal tangan, namun seringkali yang dekat tidak kesampaian. Sama halnya seperti saya, sedari kecil tinggal di kota tak jauh dari Jakarta, bekerja di Jakarta, bahkan setelah menikah pun menetap di salah satu kota penyangganya, tapi belum pernah sampai menginjakan kaki di sana. 

Bukan prestasi yang baik, jangan ditiru, ya!

Tugu Monumen Nasional, atau Monas, mungkin tak akan ada kalau Soekarno tidak menggagasnya. Monas adalah simbol kemenangan Bangsa Indonesia dalam melawan dan berjuang untuk merebut kemerdekaan. Sekilas mungkin bentul Monas sangat sederhana, tapi dibalik itu ada sisi spesial dan menarik untuk dikunjungi:

1. Monas merupakan desain anak bangsa, Frederich Silaban dan R. M. Soedarsono. Presiden Soekarno mengadakan sayembara desain Monas untuk mengaet ide-ide yang sesuai. Sayangnya tak banyak yang sesuai kriteria dan budget yang dimiliki Indonesia yang saat itu pun sedang krisis ekonomi.

sumber: yulisolavina.blogspot.com

2. Desain Monas unik dan mewakili perjuangan Indonesia. Salah satunya adalah menampilkan relief perjuangan di bagian luar Monas. Relief mewakili cerita asal muasal Indonesia
dari era kerajaan Singhasari dan Majapahit hingga pembangunan modern saat ini.

3. Lahannya luas banget, kurang lebih 80 hektar. Kalau Kamu mau nyusuri semua sendiri tak akan habis sekali berkunjung. Tapi tetap santai, karena ada kereta wisata Monas yang bisa membawamu jalan-jalan mengitarinya dan bebas capek.

4. Yang suka olahraga harus kesana. Sebagai ruang terbuka, Taman Monas memiliki area olahraga, tak tanggung-tanggung semuanya ada 6 lapangan. Kamu bisa pinjam lapangannya dengan ijin pada petugas terkait.

5. Lelah berolahraga, giliran menjamu selera. Banyak pilihan makanan di area Lenggang Jakarta dengan harga terjangkau. Jika ingin makanan-makanan khas Jakarta, misalnya kerak telor, Kamu pun bisa mendapatkannya di sini.

sumber: wartahukum.net


6. Ada 2 museum di dalam Monas, yaitu Museum Sejarah Nasional dan Ruang Kemerdekaan. Di ruangan inilah terkumpul benda-beda penting saat proklamasi, seperti bendera pusaka, naskah proklamasi, rekaman suara Soekarno dan sebagainya.

7. Ini momen yang bikin Saya penasaran, yaitu mengunjungi Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan. Selayaknya monumen tinggi lainnya, Monas akan memberikan keindahan Jakarta dari sisi yang jarang Kita lihat. Tiba dengan lift berkapasitas 11 orang sekali angkut, pelataran puncak dilengkapi dengan teropong untuk melihat panorama Jakarta lebih dekat.

sumber: sofyanhotel.com


Apakah Kamu tertarik berkunjung ke sana? 

Pemandangan yang didapat dari Monas lewat teleskop.
sumber: pauldechivo.blogspot.com

Segara susun jadwal liburan Kamu! Jangan lupa juga untuk menyelipkan Monas sebagai tujuan wisata keluarga Kamu, bukan begitu?

*Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama Estrilook.com dan Estrilook Community #Day1


Comments

Post a Comment