Hai Perempuan, Berbanggalah! Banyak Keutamaan Dirimu Dalam Islam!

Jaman jahiliyah dulu ada rasa malu mempunyai anak perempuan, karenanya bayi-bayi perempuan sering menjadi korban kekejian orang tuanya. Setelah datang Islam, maka justru ditegaskan bahwa perempuan adalah mulia.

sumber: nakita.grid.id

Kadang kedudukan perempuan dalam Islam seperti tersudutkan, misalnya saja diperhatikan cara berpakaiannya yang harus tertutup, diperhatikan di mana keutamaan dia berada untuk solat, sampai dijelaskan siapa saja orang yang tak boleh dia nikahi dan pergauli.

Tapi tahukah Kamu? Dibalik semua ketentuan yang kelihatannya 'mengikat' tadi, ditegaskan pula keistimewaan mereka yang diberikan keluasan pahala, janji surga hingga keberkahan hidup apabila dia menjadi seorang perempuan solehah.

1. Perempuan yang meninggal saat melahirkan diganjar dengan syahidah.

sumber: mommiesdaily.com

Masa hamil sekalipun calon ibu bahagia, tapi ada beban berat yang ditanggungnya. Resiko selama kehamilan, kehilangan anaknya, hingga kematian saat melahirkan bisa terjadi. Karenanya, wanita hamil sangat spesial di mata Islam. Janji Allah SWT dalam sebuah hadistnya adalah bahwa setiap keletihan, kesedihan dan kesulitan seseorang akan diganjar dengan peleburan dosa.

Tak cukup hingga disitu, wanita yang meninggal dunia saat melahirkan akan diganjar setara dengan ganjaran mati syahid.


2. Ibu dihormati 3 kali lebih dulu dibandingkan bapak.

sumber: belfashop.com

Rasulullah SAW tahu bahwa pengorbanan seorang ibu pada anaknya tak ada putus. Mulai dari mengandung, melahirkan hingga membesarkannya, ibu mengikuti semua prosesnya. Al Quran surah Al Lukman ayat 14 pun menjadi salah satu dasar hukum yang menyatakan bahwa ada 3 kesulitan ibu bagi anaknya, yaitu hamil, melahirkan dan menyusui.

3. Mempunyai 2 orang atau lebih anak gadis maka akan dijauhkan dari api neraka.

salah satu artis dengan 2 anak perempuan (sumber: hello-pet.com)

Menjawab kelakuan masyarakat jahiliyah, maka Allah SWT justru memuliakan perempuan sejak masih anak-anak. Anak perempuan adalah bentuk ujian bagi orang tua, maka perintah mengayomi mereka akan diganjar dengan dijauhkan dari siksa api neraka. Mengayomi disini tentu dengan memberi semua kebutuhan, memberi pendidikan, dan tentu melingkupinya dengan kasih sayang di jalan Allah SWT.

4. Adanya hukum poligami yang disebutkan memuliakan wanita.

sumber: wartaislami.com

Ketentuan poligami harus diyakini memang sesuai dengan ketentuan Allah SWT, namun pada prakteknya ada catatan yang juga mengikuti sesuai dengan hukumnya dalam Al Quran. Jika melihat dalam keadaan spesial, misalnya istri cacat/sakit/tua/mandul, lalu berada di wilayah perang yang menyebabkan banyak suami yang gugur dan meninggalkan janda dan anak, maka poligami dianggap sebagai solusi memuliakan mereka. Dengan menikahinya, maka ada seorang pria yang kemudian mengambil tanggung jawab atas keluarga tadi.

Melihat poin-poin utama di atas, maka tak layak jika Kita masih merasa rendah diri diciptakan sebagai perempuan. Dengan segala kelebihan dan kekurangan perempuan dari lelaki, masih banyak keutamaan yang Allah SWT beri pada mahluk spesial bernama perempuan ini.


*Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis estrilook.com dan estrilook community #Day4

Comments