Tiba-tiba Mati Gaya Kurang Mainan? Boleh Tiru Ide Permainan Ini!

Emang ada ya, momen anak-anak kekurangan mainan? Ada banget! Salah satunya karena bosan sama mainannya. Dikasih gadgetkah solusinya?

Saya termasuk yang pelit sama gadget (kadang anak-anak juga bete kali hahaha). Biasanya bapaknya yang lebih longgar akan kasih ketika Kami sedang di perjalanan. Ya, saya juga sadar, sih ... kadang kalau sudah bosan dan mati gaya, gadget bisa membantu. Durasi pemakaian dan isi konten yang sesuai so, pasti boleh buat anak!

Gayanya meyakinkan. Main pedang bahaya, Neng!

Tapi ga akan seru kalau ngomonginnya soal gadget aja. Saya bakalan cerita beberapa aktifitas anak yang Kami lakukan di rumah dikala serba terbatas dan bosan.

Cerita dikit ya ... kami sekeluarga sudah beberapa kali mengalami pindahan karena bapak dipindahtugaskan. Yang namanya pindahan, semua barang termasuk mainan dibungkus dan dilayarkan lewat cargo. Itu barang datangnya lama, keduluan dengan manusianya. Jadi, cukup lama anak-anak jauh dari mainannya.

Meski ada beberapa mainan yang disave, tapi kan, jumlahnya dikit banget. Sehingga seringnya anak-anak bosan dan akhirnya memilih nonton tivi atau main gadget. Karena keadaan itulah, akhirnya ide bermain ini pun timbul.

Permainan 1 : Menyambung titik.

Ini permainan paling mudah, soalnya bahannya minimalis banget. Siapkan aja pensil dan kertas! Lalu Ibu gambarkan 1, 2, 3, atau berapa titik yang Ibu mau. Suruh anak sambungkan semua titik membentuk suatu benda. Peletakan titik bebas. Biarkan anak berimajinasi dengan bentuk.

Ibu bikin titik sesuka hati

Awalnya Mas kaku juga, lama-lama lancar banyak bentuk yang digambar

ketagihan! lagi dan lagi!

Permainan ini cocok juga dimainkan di restoran kala menunggu makanan, mencairkan suasana di ruang praktek dokter gigi sebelum cabut gigi, atau menunggu adik kakak selesai les piano di parkiran. Tidak terasa, anak akan minta lagi dan lagi ditantang dengan jumlah titik yang tambah banyak!

Masih penasaran, kan, dengan permainan selanjutnya?

Permainan 2 : Bikin dan Susun Puzzle Sendiri

Jangan dibayangkan ibunya akan menggambar sesuatu di kertas demi membuat puzzle. Kemampuan menggambar ibu ini di bwah rata-rata, sih hahaha Jadilah, ibu lebih memilih mencari gambar dari buku mewarnai anak yang sudah tak terpakai.


Semakin rumit gambar, tentunya semakin menarik. Ada latihan kemampuan menggunting dengan rapi juga dalam permainan ini.

Mas serius menggunting. Seneng kan, disuruh gunting buku? Biasanya, kan, dilarang hahaha

Kumpulin dalam satu grupnya masing-masing gambar

Susun kembali sesuai contohnya

Permainan ini pas banget untuk anak-anak yang lagi gemar menggunting. Suruh si adik menggunting dan kakak yang menyusun puzzlenya. Hanya perlu diingat, dari pengalaman yang sudah-sudah puzzle jenis ini memang tidak akan bertahan lama 😃

Dari dua ini, dijamin nanti anak akan nagih dan nagih permainannya kembali.

Masih ada 1 lagi ya ...

Yang terakhir ini saya lupa dapat inspirasi dari mana. Kalau ga salah dilakuin sama mas dulu di TKnya. Meski agak sedikit lebih banyak alat, tapi masih ga susah menemukannya di rumah.

Permainan 3 : Kembang Mekar

Siapkan kertas bekas dan pensil, gambar bentuk bunga dengan 6 buah segitiga di kertas. Kertas yang tipis lebih baik.

usahakan segitiganya cukup besar, dan sayap segitiganya seimbang

Lalu kembali latih keterampilan menggunting rapi bentuk tadi. Setelah bentuknya jadi, lipat 6 sayap segitiganya ke arah dalam. Kemudian, siapkan mangkuk/baskom atau wadah lain yang lebih besar dari ukuran bunganya. Beri air secukupnya. Langkah selanjutnya, letakkan bunga lipat tadi di atas permukaan air. Lihat apa yang terjadi!

Ada unsur gunting dan lipat ... cocok untuk anak pra-sekolah

Ada bunga mekar!

Hasil lipatan kertas tadi setelah terkena air akan membuka laksana bunga mekar. Magic, kan?! hahaha


Itu tadi 3 permainan yang Kami mainkan dikala kepepet. Kepepet bikin kreatif? Yes, kadang! Daripada bikin stress mending cari yang asik-asik.


Baru bangun sempet berkreasi dulu :)


Selamat mencoba!