Merancang Pesta Ultah Anak!

Termasuk yang suka pusing ga, ngasih hadiah anak di hari ulang tahunnya? Semakin beranjak besar, kayanya hadiah juga perlu dipikirkan sesuai dengan usia dan kebutuhan dia, bener ga?
Ada yang pengen kasih hadiah ulang tahun anak sebuah pesta?

Saya dan suami termasuk yang tidak setiap tahun rayain ulang tahun anak dengan pesta besar. Rutinnya setiap tahun Saya masak lebih spesial dan kala weekend Kami pergi makan di luar. Oiya, kado selalunya harus. Kalau sudah besaran dikit sudah bisa minta maunya apa. Kebanyakan yang sudah-sudah mainan, sih. Jadi masih ok, aja! (jangan minta rumah dan mobilnya aja :D)

Tapi ada satu kali selama hidup mereka, sejauh ini, dimana Kami rayakan ulang tahunnya secara "besar-besaran" alias mengundang kawan-kawan. Waktu Mas usia 3 tahun dan yang terbaru saat Ceu-ceu berusia 4 tahun. Alasannya karena mereka pun sudah mengerti adanya pesta, suka diundang kawan dan memang sudah bisa menikmati dan mengingat pestanya sebagai kenangan.

Waktu ultah Mas, terus terang konsepnya benar-benar ngundang kawan main dan makan. Waktu itu ketika Kami tinggal di Kuala Lumpur sudah hampir 4 tahunan. Banyak kawan yang diundang lengkap dengan orang tuanya. Soal acara? Tidak ada konsep khusus. Intinya makan dan main barengan. Yang masih hangat dalam memori itu kue ultahnya mas yang berprint Spiderman, tokoh jagoannya masa itu. Kuenya dipesan dari tetangga, dalamnya rainbow cake yang "kekinian" pada jamannya. Halah ... jadi ngeces ngebayanginnya hahahha

Beda lagi ketika ultah Ceu-ceu tahun lalu. Sebenarnya sih, ultahnya dia dirayakan sangat terlambat. Di usia yang sama 3 tahun seperti Masnya, Kami baru pindahan di Abu Dhabi, dan belum punya kawan. Masih sibuk pindah, akhirnya diundurlah sampai usai dia 4 tahun. Sudah 4 tahun, masih juga diundur ma ibunya hingga terlaksana 3 bulanan setelah ultahnya hehehe (maap ya, Neng!)

Alasannya sebenarnya ada beberapa. Yang pertama, ketika dia ultah, udah masuk waktu Winter. Winter di Abu Dhabi adalah saatnya jalan-jalan dan kemping di gurun. Keasikan kemping, jadilah terbengkalai itu ulang tahun. Alasan kedua, sudah dekat dengan bulan Desember, waktunya libur panjang Winteran (natal dan tahun baru buat para ekspat). Karena 2 alasan di atas pula makanya tamunya pun kemungkinan ga bakalan banyak. Alasan ketiga, Kami pun pulang kampung hingga Januari, jadilah makin undur-undur itu ultahnya.

Tapi Bapak sudah bertitah...harus dong, tahun ini! Jadilah ibu pun putar otak harus!

Dari pengalaman Ceu-ceu kemarin, itu diinspirasi oleh ultah-ultah kawannya Mas dulu waktu di Aachen. Orang sana kalau ngundang ulang tahun engga sekelas atau sekampung. Cukup 4-5 orang yang dekat dengan anaknya. Yang lain iri? Ga tuh! Memang sudah budayanya begitu. Tapi dari yang datang, mereka benar-benar perlakukan dengan spesial, mulai dari soal makanan, kostum (kalau disuruh) sampai tema dan acara ulang tahunnya. Mereka juga engga ngerayain di arena bermain atau mall. Cukup di rumah atau taman tapi berkesan.

Konsep itulah yang ingin diadaptasi oleh Saya. Tapi karena memang kenalan Kami sudah lebih banyak, jadilah yang diundang pun tidak mungkin hanya 4-5 orang anak saja. Oiya, acara ini kami khususkan untuk orang Indonesia saja, ya! Kalau di sekolah, secara formalitas, Ceu-ceu sudah potong kue di sana ketika ultahnya (jaga-jaga pestanya engga jadi ;p)

Seru dan Sederhana itulah tema utamanya! Kalau mau bicara budget, beda tipis dengan sewa acara di sebuah tempat bermain. Tapi kalau dari segi banyak yang diundang dan keseruan, sebanding dengan usaha di belakang layarnya. Seru dan bikin gemes! hahaha

Mau tahu rinciannya?!

Inilah detailnya dan sekaligus dengan tipsnya menyediakan sendiri pesta ulang tahun anak:

1.     Tema disesuaikan dengan pilihan tempat

Karena masih suasana winter, maka Saya pilih tempat di taman umum. Pilihan tamannya jatuh kepada taman kota yang berada di pusat sehingga mudah di jangkau dan banyak parkiran. Karena tempatnya di taman, jadilah temanya pun lebih berbunga dan berwarna.

tim suksesnya banyak. Hatur nuhun :)

Tips: karena ini pesta di taman bebas, maka harus ngetek tempat sebelumnya. Jadi pastikan bagaimana peraturan mengadakan acara di luar rumah atau tempat umum. Kalau bisa minta ijin dan disiapkan tempat sebelumnya akan lebih baik.

2.     Merancang menu

Bicara menu maka ada 2 macam, yaitu menu untuk anak dan orang tua. Kalau kebiasaan orang Indonesia, kan, orang tua akan mengantar dan menemani. Jadi tidak mungkin juga ortunya nganggur kering tak ada cemilan. Konsep awal ingin memberikan snack kecil, namun ada ide lain untuk menyajikan soto ayam lengkap supaya lebih hangat dan mengenyangkan.

Menu si kecil sengaja saya bikin sendiri. Saya lagi terinspirasi bikin bento ala-ala yang berkesan buat Ceu-ceu. Menunya sederhana aja, nasi putih, ayam goreng, mie goreng dan sayur rebus. Tapi yang berkesan ada mukanya Ceu-ceu di nasinya. Kiyut, kan?

Suka banget sama stikernya, bikin jadi lebih spesial gitu!

tim sukses katering ibu


3.    Goodie bag

Sebenarnya goodie ini keliatan mudah, murah dan kecil namun ternyata cukup lebih dari dugaan. Tipsnya sediakan goodie sangat lebih untuk adik atau kaka dari yang diundang. Mereka biasanya akan mengharapkannya juga. Jadi kalau bisa jangan kurang ya!

4.    Kostum Anak dan Orang tua

Jangan lupa anak yang ulang tahun dikasih baju yang pas dengan tema. Ga perlu baru, sih, tapi memang yang paling mewah dan ga biasa. Dikasih sentuhan make-up tipis buat anak gadis juga, ok!

Kostum ibu, bapak, kakak dan adiknya jangan lupa, ya! Biarpun habis ngos-ngosan di dapur, sampai tempat pesta kudu tune in juga.

Make Up artisnya Mangrove

Yang cewe yang banyak gaya hahaha


5.     Peralatan

Namanya bikin acara di luar rumah, ternyata pernak-perniknya cukup banyak. Mulai dari tenda, meja, tikar hingga peralatan makan sekali pakai. Bukan itu saja, harus dipastikan semua bahan acara pun terbawa di mobil Kita. Kalau ternyata mobilnya penuh, berarti harus minta bantuan kawan atau saudara lainnya. Begitu juga kalau tikar atau alat lain tidak mencukupi, harus menghubungi kawannya dari jauh-jauh hari.

Pesta di taman biar nyama peralatannya kudu pas. Ini Saya pinjam banyak tiker teman

6.     Acara

Memang saat ultahnya Ceu-ceu kali ini, Saya siapkan acara buat dia. Seperti sudah dibilang, inspirasinya dari ultah kawannya Mas dulu. Anak-anak diharapkan akan lebih terhibur dengan acara yang disajikan meski juga tidak mewah.

Untuk acara ini pun, Saya minta tolong kawan untuk mendongeng, ada pukul bola kejutan (lupa namanya hahha), pokoknya kalau dipukul keluar permen, coklat dan sebagainya, dan juga ada aktifiti mewarnai dengan pasir.

Untuk acara ini, saya bergerilya ke beberapa toko perlengkapan pesta yang ada di Abu Dhabi supaya mendapatkan acara yang pas dengan budget dan keseruannya. Kadang aktifiti semacam ini ada yang tidak sesuai jumlahnya, jadi harus pilih-pilih yang lainnya.

7.    Kue Ulang Tahun yang berkesan

Terus terang, Saya bosan dengan kue ulang tahun yang klasik berasal dari tepung dan gula. Waktu itu pernah lihat ukiran kue dari buah semangka dan tertarik buat coba. Seru dan segar!

Seger, kan! Untung ada Amah yang bantuin hahaha

8.    Menyapa semua tamu

Karena ada orang tua yang hadir, maka jangan sampai lupa menyapa (bahkan berfoto) dengan mereka satu per satu. Menyampaikan terima kasih juga sudah datang dan semoga menikmati.

Sotonya endes, kan!

9.    Menjaga kebersihan!

Ini penting banget buat yang mengadakan acara apapun di tempat umum. Jangan sampai meninggalkan barang berharga dan sampah berceceran. Sediakan kantong sampah yang cukup dan kembalikan penampakan taman seperti semula.

Gimana? Rempong, ya? Banget!

Tapi setelahnya lega banget dan langsung istirahat. Ceu-ceu tinggal buka kadonya dan ibunya beberesnya huhuhu #nasib

Semoga jadi pengalaman yang tak terlupakan ya, Cantik!