Sensasi 3 Jam Terapi Pijat Sehat Bersama Muztreat!

Kalau bukan pas pulang kampung, saya hampir engga pernah dipijat. Alasan gegara engga ada emak-emak tukang pijit yang bisa dipanggil ke rumah. Kalaupun ada, harganya cukup lumayan menguras kantong😁  Bapaknya anak-anak sebenarnya engga akan komplain kalau istrinya mau sesekali memanjakan tubuh, tapi memang dasarnya waktunya pun selalu kekalahin dengan aktifitas lain yang kerasa lebih perlu.

Sampai di Indonesia pun ternyata engga serta merta langsung bisa nelpon tukang pijet andalan di Bandung. Karena tinggalnya pun tidak di Bandung, akhirnya belum punya juga, deh, tukang pijit yang bisa ditelepon dan datang ke rumah. Selain itu, namanya ibu-ibu ternyata di mana pun berada selalu punya prioritas yang harus dilakukan lebih dulu. Kalaupun lagi senggang, meski jarang, akhirnya lupa juga dengan keinginan terpendam memanjakan tubuh.

Terus kenapa, dong, engga ke salon aja?

Rempong, Bu! Dengan anak kecil yang masih nempel kaya perangko, bikin saya engga yakin dia bakalan diem saat saya perawatan. Engga mau, dong, udah bayar mahal tapi jadi repot karena anak engga bisa tenang selama lagi pijat atau luluran (ibu-ibu engga mau rugi, yes!πŸ˜€)

Tapi itu gunanya teman, ya ... ngobrol ngalor-ngidul akhirnya sampai ke masalah pijat-memijat yang bisa dilakukan di rumah.

Saya pun mencoba layanan Muztreat, Salon Muslimah Online. Ordernya pakai aplikasi gitu ... mirip kalau mau pesan ojek atau taxi online. Canggih, kan?!

Donlot aplikasi Muztreat dari Google Play sebelum menikmati layanannya

Awalnya saya hanya perlu donlot aplikasi Muztreat lewat google play dan bikin akun di sana, gratis! Lalu pesan lewat aplikasi untuk pilihan layanan yang saya mau. Saat ini ada 4 layanan yang tersedia, yaitu Healthy Massage, Meni Pedi, Body Scrub dan Treat With Friend.

Sengaja saya pilih hari ini, karena anak-anak libur. Harapannya, sih, yang kecil bisa anteng main sama kakak-kakaknya ketika ibunya dipijat. Dan hari ini akhirnya, saya telah mencoba layanan Healthy Massage. Durasinya 3 jam, meliputi pijat, totok wajah dan pijat refleksi. Puas banget, kan, memanjakan diri!😍

Tampilan aplikasi Muztreat 

Mba Diah, terapis yang bertugas, dari Muztreat datang tepat waktu banget. Untungnya, saya pun sudah siap sebelum waktunya, jam 8, sesuai jadwal pesanan. Begitu datang, dia langsung menyapa saya,
"Mbanya lagi hamil?"
Oalah, bawaan daster kali ya (ngeles ...)
"Engga, Mba. Emang masih sisa aja lahiran yang terakhir," jawab saya
Gegara ditanya begitu, jadilah saya kepo juga. Emangnya wanita hamil engga bisa pake jasa Muztreat? Tentu tidak! Bebas wanita hamil, selesai melahirkan atau siapapun yang pengen rileks hari itu bisa pesan di Muztreat. Yang membedakan hanya posisi saat nanti dalam prosesi pijat. Karena wanita hamil tak kuat telentang atau tengkurap lama, jadilah mereka diposisikan miring.

Cukup dengan hamil engga hamil, Mba Diah membawa semua perlengkapan pijat yang tertata rapi dan bersih dalam satu kotak. Cream pijatnya pun ditaruh dalam kaleng kecil yang sistematis dan bebas dari tumpah. Maklumlah insting ibu-ibu, dari hal-hal kecil begini pun bisa jadi rujukan seberapa profesional seseorang bekerja.

Peralatan Muztreat, ringkas untuk 3 jam layanan Healthy Massage

Begitu sampai, Mba Diah memerlukan bantuan saya untuk merebus 2 buah batu berukuran segenggaman tangan. Belakangan saya tahu itu batu berukuran sedang. Sebenarnya ada lagi yang lebih kecil atau besar. Ketika saya tanya apa bedanya, dia jawab tidak ada. Fungsi semua batu sama saja. Yang bisa saya simpulkan, terapis memilih ukuran batu sesuai dengan kenyamanan mereka.  Setelah direbus selama kurang lebih 5 menit, maka prosesi pijat ini dimulai. Tak lupa Mba Diah menyuruh saya membacakan Basmallah sebagai akad prosesi dimulai.

Saya mau cerita sedikit kilas balik waktu habis melahirkan anak kedua di Kuala Lumpur. Emak-emak pijat di sana mengenalkan saya dengan terapi dengan batu panas ini setelah melahirkan. Waktu itu batunya besar dan dibakar ketika akan dipijat. Karena habis melahirkan, batu panas ini diletakan di perut dan kemudian bagian lain di tubuh. Batu panas tadi punya efek sangat menenangkan dan seluruh kotoran di badan pasca melahirkan pun luluh keluar. Perut pun saya rasakan cepat rata dan kembali ke bentuk semula. Jadi waktu Muztreat punya layanan pijat dengan batu panas, maka saya pun senang dan penasaran apakah bisa dapat sensasi yang sama.

Batu panas diletakan di punggung bagian atas sebelum digunakan untuk pijat di kaki. Sangat berbeda metodenya dengan emak pijat yang saya ceritakan lebih dulu. Pengennya, sih, batu panasnya lebih lama dan banyak dipakai pijat di seluruh tubuh hehehe

Pijatan pertama berkonsetrasi pada kaki bagian belakang. Tubuh dalam posisi tengkurap. Jika dibandingkan dengan pijatan tradisional emak-emak tukang pijat, secara gerakan tidak banyak berbeda. Kuatir tekanan pijat terlalu kuat, Mba Diah bertanya apakah tekanannya sudah cocok. Well, buat saya penikmat pijat, tingkat keras tekanan Mba Diah sudah cukup. Beberapa bagian pun saya maklumi terasa sakit. Maklum lah, sudah terlalu lama otot bekerja namun kurang dimanja hahahaha

Mba Diah pun akan memijat bagian tubuh sesuai dengan persetujuan saya. Dia bertanya terlebih dahulu sebelum menyentuh bagian sensitif wanita dan perut. Jadi, buat yang suka risihan bisa lebih tenang.

Pijatan berlangsung kurang lebih 55 menit dengan menggunakan cream racikan Muztreat dan olive oil. Setelah selesai, prosesi selanjutnya adalah Totok Wajah. Totok wajah ini beda dengan facial. Facial bertujuan untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Wajah akan dipencet dengan alat manual, dan diberi salep penghilang rasa sakit.

Terus terang, ini kali pertama saya melakukan totok wajah. Benar-benar penasaran seberapa enaknya sampai orang terus-menerus melakukannya. 

Dilansir banyak sumber, totok wajah ini punya banyak manfaat. Tidak hanya untuk mempercantik kulit muka tapi berfungsi juga untuk melancar peredaran darah. Membuat kulit muka lebih kencang dan menghilangkan kerutan pun jadi alasan mengapa orang tertarik dengan totok wajah. Pijatan mulai dari arah bahu ke leher, kemudian naik ke muka bagian bawah, pipi, tulang hidung dan dahi. Sensasi pijatannya bisa membuat saya rileks dan mengantuk.
Memejamkan mata selama totok wajah adalah saran jitu dari saya untuk bisa menikmati layanan ini. 
Muka yang hanya sebagian kecil dari tubuh ini, berulang-ulang diusap, dan  ditekan selama kurang lebih 40 menit juga hingga tak payah saya menghitung jam saking menikmati. Prosesi totok wajah diakhiri dengan bermasker. Sensasi maskernya masih saya ingat, karena seperti mint di muka saya. Ada rasa dingin-dingin pedas mencubit di kulit wajah. Lucu tapi segar!

Sesi terakhir dan yang paling menyakitkan. (menurut saya, loh! ) Atau sakit berarti berpenyakit? Yang jelas, sekarang saya jadi kepoin titik-titik refleksi tadi mewakili bagian tubuh mana. Mikir-mikir apa ada hubungannya dengan keluhan sehari-hari dengan titik yang sakit tadi. πŸ˜‚
Titik-titik refleksi mewakili organ tubuhnya (sumber: pijatrefleksi.blogspot.com)

Pijat refleksi ini menekan telapak kaki. Di telapak kaki inilah semua saraf yang terhubung dengan anggota tubuh bermuara. Dipercaya dengan pijatan di titik-titik yang tepat, maka penyakit yang diderita bisa disembuhkan. Dengan teknik-teknik pijatnya, Mba Diah sudah cukup membuat saya melilit kesakitan di beberapa tempat.

Tentunya sambil pijat, saya pun menggunakan momen itu untuk tanya-tanya lebih jauh seputar Muztreat. Ternyata, Muztreat itu suatu layanan online milik Salon Tewink di jalan Margonda Raya, Kota Depok. Layanan Muztreat dibuka dari jam 8 pagi hingga 5 sore hari. Sedangkan salon, bukan dari jam 9 pagi hingga 9 malam.
Sejauh ini, layanan mobile Muztreat memang belum punya banyak fitur. Berbeda dengan layanan di salon, mulai dari perawatan rambut (gunting, cat, smoothing dan lainnya), make-up artis, meni pedi, sampai body spa dengan saunanya, tersedia di salon. Jadi kalau nanti ingin perawatan komplit, memang pergi ke salonnya langsung akan lebih baik.

Sayangnya, layanan Muztreat ini baru menjangkau area Kota Depok. Kalau hasil kepo di IG Muztreat atau fanpage Muztreat, banyak komentar netizen yang pengen layanan ini mencakup wilayah Jakarta dan suburb lainnya sekitaran Jakarta. Makanya buat yang udah tinggal di Depok, jangan sampai kelewatan buat order layanan pijat sehat online ini.

Habisnya siapa yang engga suka kalau perawatan tubuh bisa sejalan dengan aktifitas di dalam rumah. Saya merangkum enaknya order Muztreat, antara lain:

  1. Hari gini semua telepon genggam hampir semua terkoneksi dengan wifi. Daripada menghabiskan pulsa buat order via telepon, klik aplikasi Muztreat buat pesan layanan akan lebih murah.
  2. Buat ibu kantoran yang pas weken selalu pengen di rumah, layanan ini pas banget karena dilakukan di rumah, ga pake macet, ribet atau nambah lagi capeknya dengan bepergian.
  3. Buat ibu di rumah, terutama yang beranak kecil, layanan muztreat di rumah bikin anak pun senang dan ibu bisa treatment dengan tenang. Pastikan si kecil sudah makan dan kenyang, diberikan mainan sehingga dia tidak bosan. 
  4. Muztreat ramah anak. Ada-ada saja adik minta untuk menyusui di sela-sela treatment totok wajah dan refleksi. Karena posisi tubuh sudah telentang, jadi jauh lebih mudah memeluk si kecil dalam keadaan menyusui.
  5. Layanan pesanan buka 7 hari dalam seminggu. Pas banget nih, buat yang sehari-hari super sibuk dan hanya ada di rumah Hari Sabtu dan Minggu aja.
  6. Ada layanan Treat With Friends, yang cocok buat dipakai bareng temen arisan, misalnya. Acara arisan atau kumpul lain bisa lebih seru karena ada pengisi acara yang sesuai dengan kebutuhan para wanita.
Screen Shoot fitur Treat With Friend, serunya rame-rame!

Sebetulnya saya ingin memberikan foto dan video lebih banyak selama layanan berlangsung. Tapi sepertinya tidak memungkinkan karena layanannya khusus muslimah. Hal yang sama juga dengan layanan di salon, loh! Masing-masing pelanggan dilayani seorang terapis dengan sekat terpisah satu dengan yang lain, sehingga rahasia aman terjaga!

Smpai di sini masih ragukah Sobat di Depok buat order Muztreat? Semoga tidak, ya! Karena dengan aplikasi Muztreat, layanan spa di rumah menjadi sangat dekat dan bukan impian.

Selamat Mencoba!

Saya dan Mba Diah berfoto bersama selepas layanan. Sudah tambah seger dan kinclong, kan?