Membawa Salon Kecantikan Ke Rumah Lewat Aplikasi

Kebutuhan dasar seorang wanita untuk selalu ingin tampil cantik. Karena Kita tidak sedang bicara tentang ajang kontes kecantikan yang akan menilai wanita luar dalam, makanya Kita ngomongin yang pasti-pasti aja. 

Apa yang bikin Kamu bilang, "Wanita ini cantik!" padahal ini baru pertemuan pertama?

Pasti bohong kalau jawabnya inner beauty #prett 

Agak bener jawabnya kalau bilang senyumnya yang manis #gombal


Wanita menarik dilihat dari fisik yang bersih dan segar. Jangan lupa tersenyum! (sumber foto: Pixabay.com)

Bagaimana Supaya Cantik?

Bener kalau patokan cantiknya adalah tampilan fisik. Suka atau engga itulah yang terlihat saat awal Kita bertemu orang baru. Tapi perlu digarisbawahi kalau yang namanya fisik itu bukan berarti harus kulit yang putih, tinggi semampai, badan ramping atau rambut lurus dan panjang. Hellow! Apa kabarnya dengan para wanita yang berkulit sawo matang, imut berbadan gempal atau berambut keriting? Apa mereka kurang cantik?

Propaganda media yang membuat sosok gambaran wanita ideal membuat banyak wanita kemudian berjuang mati-matian untuk menjadi "bukan" dirinya. Yang sawo matang ingin jadi putih, yang rambut panjang ingin pendek, yang mata sipit ingin belo atau sederet kesempurnaan lain yang kemudian menjadi lahan usaha bagi pihak-pihak di belakang media.

Tapi sebenarnya, nih, pengen tampil cantik itu engga berarti harus sempurna bentuk. Misalnya saja, kulit putih tapi bau badan tetap engga bikin nyaman orang berada dekat-dekat. Atau rambut panjang terurai tapi kusut bercabang tetap saja bikin risih yang lihat pengen nyisirin Sebutin lagi yang lain bodi ramping tapi engga pintar padu padan baju dan celana tetap aja jadi engga enak dilihat.Justru sebaliknya ... berpenampilan rapi, bersih dengan muka bahagia itu lebih enak dipandang mata.

Mau tahu rahasianya biar bisa berpenampian rapi dan bersih? Nih, Saya kasih bocorannya:
  1. Mandi 2x sehari, minimal sekali, deh, kalau tidak banyak beraktifitas di luar rumah dan berkeringat. Dilansir dari situs manfaat.co.id, mandi terutama di pagi hari dapat membuat tampak awet muda. Selain menyegarkan, mandi air dingin sebelum subuh dapat membuat kuku lebih sehat, menghilangkan garis hitam di bawah mata, memelihara kelembaban dan kekenyalan kulit.
  2. Keramas maksimal 2x seminggu. Tidak perlu kuatir kalau rambut sedikit berminyak, karena minyaknya itu bagus untuk menjaga kelembaban kulit kepala. Tapi jangan sampai juga tidak keramas sama sekali, kebayang kotorannya sudah menetap di kulit kepala dan susah dibersihkan.
  3. Pergunakan pelembab untuk kulit badan, dan wewangian secukupnya.
  4. Pergunakan make-up sesuai dengan kondisi. Jangan terlalu juga make-up berlebihan #dempul kalau acara ini hanya mau ngantar-jemput anak. Sapuan tipis bedak, blush on dan lipstik nude setelah pelembab dan tabir surya sangat cukup untuk membuat tampilan seorang ibu fresh dan sedap dipandang.
  5. Yang terutama lagi kenakan pakaian yang enak digunakan. Dalam artian tidak terlalu ketat atau terlalu longgar yang bisa bikin bahaya kalau terinjak diri sendiri atau orang lain. Jangan lupa juga kebersihan pakaian harus jadi syarat utama. Pasti engga akan enak dipandang kalau menggunakan baju yang sudah dipakai masak seharian dan penuh noda cipratan minyak dipakai untuk ketemuan arisan dengan kawan.
  6. Tubuh yang sehat. Kalau sedang sakit, bawaan diri lewat sorot mata, bahasa tubuh dan cara bicara biasanya kelihatan. Memang tidak bisa dipaksakan ketika sakit lalu Kita langsung on untuk melakukan aktifitas biasa. Yang sebaiknya dilakukan adalah istirahat dan makan yang bergizi supaya tubuh fit kembali.
  7. Percaya diri sebagai kunci dari inner beauty. Semua tampilan fisik tidak akan ada gunanya jika Kita hanya menunduk dan tidak bisa memancarkan rona bahagia dari dalam diri.
SMILE! Semua wanita punya kelebihan dari dalam dirinya,
lebih dari image yang dibentuk media. (sumber foto: pixabay.com)

Diantara tips di atas Saya yakin Kita semua sudah biasa melakukannya rutin di rumah. Namun sering kali ada keadaan spesial dimana Kita ingin dimanjakan dengan meminta orang lain untuk melakukannya. Contohnya ... kalau mau ke kawinan saudara ingin ada seorang make-up artis yang mendandani. Sudah semingguan kerja ingin rambut dikeramasi dan diblow untuk tampil beda saat kencan dengan suami. Bisa jadi juga punya resolusi tahun baru dengan rambut baru. Atau sekedar ingin ada yang memijat badan supaya relaks buat menyongsong minggu yang baru di kantor. Semua hal yang sifatnya berhubungan dengan kecantikan untuk sehat ini biasanya bisa didapat di salon kecantikan.

Saya rasa hampir semua wanita memerlukan jasa salon untuk membuat dirinya bisa tampil secara berbeda. Hanya saja, dikarenakan ada beda keyakinan, wanita muslim (muslimah) cenderung akan memilih salon yang dikhususkan bagi kaum wanita muslim ini. 

Bisnis Konvensional Salon Kecantikan

Sebagai negara dengan jumlah kaum muslim terbesar di dunia, sangat wajar jika perkembangan salon yang diperuntukan untuk kaum muslimah menjadi marak. Kebutuhan akan hijab antar sesama pelanggan, pelayan yang juga muslimah dan tempat yang tertutup bagi kaum lelaki menjadi alasan mengapa muslimah memilih salon sejenis. Salah satu yang menjadi tempat tujuan tersebut di kota Depok adalah Tewink Salon.

Penampakan Tewink Salon di Jalan Margonda Depok
(sumber foto Fanpage Tewink Salon Muslimah)

Tewink Salon terletak di Jalan Margonda Raya 494-G Depok. Salon ini melayani seluruh kebutuhan wanita secara kulit mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Sebut saja, make-up untuk wisuda, potong rambut, menicure pedicure, pijat kesehatan, totok wajah, refleksi, luluran, sauna semua bisa dan tersedia pula tempat mandinya. Jadi tinggal sebut layanan apa yang ingin diperoleh, Tewink Salon siap melayani. Jangan kuatir juga, untuk layanan-layanan yang sifatnya pribadi untuk kebutuhan badan, masing-masing pelanggan akan diberikan sekat pemisah. Pokoknya Tewink Salon mengerti banget kebutuhan wanita!

Tapi siapa sangka, pemilik Tewink Salon ini adalah seorang pria yang punya latar belakang sarjana elektro dari Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau adalah Bapak Hafidz Hadinata. Beliau punya impian menjadi seorang muslim yang kaya raya. Karena ingin kaya itu, dia sadar kalau menekuni bidang sesuai latar belakang sekolahnya dan menjadi tenaga kelistrikan atau guru adalah bukan pilihan tepat. Beliau berkaca dari pengalaman Baginda junjungan umat muslim, Muhammad SAW, yang memilih hijrah demi mendapatkan hidup yang lebih baik bagi umat islam. Dia pun memilih pindah jauh dari tempat tinggal asalnya untuk berdikari. Sebetulnya hal itu tidaklah terlalu sulit buat beliau. Sejak tahun kedua di universitas pun, Pak Hafidz adalah mahasiswa yang juga nyambi kerja paruh waktu di sebuah kedai kopi.

Bisnis membuka jalan berdikari dan kaya raya (sumber foto: pixabay.com)

Dari pengalaman bekerja sambilan itulah dia mendapat inspirasi untuk menjadi seorang pengusaha. Kebetulan beliau terlibat membangun franchaise kedai kopi tersebut hingga ke lima kota di Indonesia. Mulai dari Yogyakarta, Surabaya, Malang, Jambi dan Jakarta, dia jelajahi dan membuatnya makin terobsesi membuka bisnis sendiri. Dari pengalaman yang sama juga dia mejadi paham bahwa tidak ada cara instan untuk mejadi sukses dan kaya raya selain menjadi pengusaha.

Apakah dia langsung berhasil dengan usahanya? Tentu tidak! Sebelum Tewink Salon, dia pernah menjalani usaha laundry kiloan, menjual sepatu Heelys, hingga butik muslimah. Bagi beliau merugi bukan menjadi batu sandungan untuk berhenti. Siap binis harus siap dengan konsekuensi rugi! PEsan beliau, setiap bisnis punya celah dan rahasia untuk sukses. Pelaku bisnis jangan bosan untuk mencari celah itu. Terkadang bisnis harus dihentikan bukan karena rugi saja, tapi karena potensi market yang tidak cukup besar. Karena ingin berhasil, maka jangan segan menggantikan bisnis dengan yang baru dan selalu berinovasi.

Seiring perjalanan waktu, pada akhirnya beliau tahu dimana bisnis utamanya yang bisa berkembang. Bisnis salon kecantikanlah yang ternyata mendatangkan kecocokan bagi beliau dan istri selama 5 tahun terakhir ini. Bisnis salonnya berkembang dengan 3 outlet di Depok dan 1 outlet franchise di Palembang.

Inovasi Dengan Bisnis Start Up

Karena sadar bahwa bisnis itu berkembang dan senantiasa penuh dengan pesaingan, maka Pak Hafidz selalu terus berinovasi dengan bisnisnya. Perkembangan teknologi dan perubahan iklim bisnis di Indonesia mengharuskan beliau berinovasi dalam bidang yang sedang digeluti. Salah satu cara untuk membangun bisnis adalah dengan menambah ilmu. Karena itu pada Bulan Agustus 2015 lalu, beliau bergabung dengan Wempy Dyocta Koto Business School. Buah hasil belajarnya adalah Muztreat, sebuah bisnis start up gagasan terbaru beliau.

Dunia yang penuh persaingan sering kali memaksa tidak hanya kaum lelaki yang bekerja, tetapi juga para wanitanya. Peran ganda wanita pun akhirnya hadir. Tidak ingin membangkitkan woman's war, maka perlu disepakati di awal bahwa wanita karir atau ibu rumah tangga, ibu rumah tangga bekerja di rumah atau ibu rumah tangga ngurus anak doang #masihbisaperang? itu adalah PILIHAN. Dan yang namanya pilihan ada konsekuensi bagi yang memilih. Orang lain dilarang buat cuit komentar usil!

Segala pilihan itu tidak selamanya baik dan tidak selamanya buruk. Ketika lagi keder, sebel dan kesel, maka yang ada adalah stress dan bosan dengan pilihan. Perlu piknik sejenak? Perlu tapi susah! Fungsi wanita yang sejatinya setelah menikah adalah istri dan ibu bagi anak-anaknya adalah profesi yang bisa dibilang tidak kenal libur. Biarpun sempat berkarir di kantor, ketika pulang akan berhadapan kembali dengan kompor dan berdaster. Kalau sudah seharian di rumah, ingin juga kadang punya me time kumpul dengan kawan atau sekedar baca buku di ruangan lain. Itu sudah fitrah dan tidak bisa diganggu gugat.

Istilah "butuh piknik" itu datangnya dari alasan di atas. Alasan perlunya suatu aktifitas yang bisa membebaskan diri dari rutinitas meski sejenak. Bapak Hafidz dan Tewink Salonnya punya solusi untuk para wanita itu. Mereka ditawarkan dengan paket spa, yang berupa relaksasi di seluruh bagian tubuh secara lengkap. Para wanita itu juga bisa melakukannya sejenak setelah pulang kerja, karena Tewink Salon buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu. 

Namun tetap yang namanya wanita selalu punya alasan. Mereka akan mengeluhkan kemacetan di kala weekend, harus pulang ke rumah langsung dari kantor, perlu mampir di supermarket untuk belanja barang mingguan, atau tidak bisa meninggalkan anaknya di rumah sendirian. Intinya tidak punya waktu untuk keluar dari rumah karena padatnya aktifitas.

Muztreat hadir sebagai suatu inovasi dari layanan salon kecantikan Tewink Salon. Para wanita muslimah tidak lagi harus hadir di salon, cukup diam di rumah dan salonnya yang menghampiri. Seperti start up lain, layanan Muztreat berbasis aplikasi yang bisa diunduh (sampai saat ini hanya) lewat Playstore Android. Seluruh layanan Mutztreat dipesan lewat aplikasi untuk dapat melayani dimana muslimah berada, baik di kantor, rumah atau dalam perjalanan.

Perkembangan dunia digital dan meningkatnya pengguna smartphone pun mendorong lahirnya Muztreat. Seperti layanan mobile yang lainnya, tingkat kerepotan seseorang akan berkurang karena segala hal dilakukan via online. Layanan serupa ini sudah lebih dulu dilakukan oleh mobile banking, online shopping hingga jasa layanan transportasi online.


Bisnis harus terus berinovasi supaya tidak terlindas pesaing dan jaman
(sumber foto: pixabay.com)

Layanan sejenis Muztreat ini relatif baru. Saya belum mendengar yang lain sejenis ini. Dan ternyata memang selaras dengan visi Muztreat sebagai pusat kecantikan dan kesehatan khusus muslimah pertama di dunia yang berbasis mobile treatment, yang bisa didatangkan ke rumah, kantor ataupun dalam perjalanan. Dengan adanya layanan ini pula, misi Muztreat akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat lewat pemberdayaan muslimah di Indonesia melalui layanan mobile salon muslimah.

Mengibarkan bendera Muztreat bukan main-main bagi Pak Hafidz. Bekal bisnis bersama istri selama 5 tahun dalam bisnis salon konvensional, menguasai market pasar dan seluk beluk bisnis ini menjadi syarat pertama berdirinya Muztreat. Selain itu, beliau sadar bahwa target market wanita muslimah itu sangat besar di Indonesia. Mereka pun banyak diantaranya yang sudah sadar akan pentingnya merawat tubuhnya. Benar begitu, kan, Ladies? Meski begitu banyak diantara Kita ini yang tidak punya waktu buat ke salon biasa.

Mau ibu rumah tangga atau wanita karir semua masalahnya sama. Waktunya yang tidak ada! Karena itu Muztreat bertekad bisa mengakomodasi kebutuhan muslimah modern jaman now yang punya tingkat kesibukan cukup tinggi, sehingga dimana pun mereka berada, kapan pun mereka bisa, dan perlu.

Melihat Muztreat Lebih Dekat

Saya sendiri termasuk yang penasaran dengan layanan Muztreat. Meski saya sepenuhnya di rumah, tapi urusan domestik antara rumah dan anak tidak pernah selesai. Selain itu, karena baru pindahan ke Depok, belum familiar kalau urusan salon atau emak-emak yang bisa didatangkan untuk pijat. Begitu dengar soal Muztreat, langsunglah saya donlot aplikasi ini di smartphone android saya.

Buat yang pertama menggunakan layanannya, tampilan pilihan menunya sangat sederhana dan mudah dipahami. Tersedia 4 layanan dari Muztreat, Healthy Massage, Meni Pedi, Body Scrub dan Treat With Friend. Layanan-layanan ini adalah yang memang yang sementara waktu sesuai untuk dibawa sebagai layanan mobile. Sebab tidak semua layanan di salon bisa dibawa serta berpindah-pindah dikarenakan misalnya alat yang besar atau bahan yang banyak.

Tampilan pilihan layanan Muztreat, salon berbasis aplikasi

Layanan yang saya pilih adalah Healthy Massage selama 3 jam. Menurut aplikasi, saya akan mendapat paket berupa pijatan, totok wajah dan refleksi (kaki). Dua yang terakhir ini hal yang baru buat saya, sehingga saya pun penasaran juga bagaimana rasa dari 2 treatment tadi. Waktu yang diinginkan pun fleksibel sesuai ketersediaan waktu.

Kalau saya memilih waktu yang sekiranya si kecil batita bisa berkompromi tidak menangis. Salah satu kelebihan membawa salon ke rumah adalah dimana si bungsu bisa nyaman anteng ditemani mainannya sambil menunggu sang ibu relaksasi. Kebayang kalau membawa dia ke salon untuk perawatan selama 3 jam tanpa mainan, televisi dan dikelilingi orang asing. Saya bisa menduga tak banyak anak-anak batita yang bisa tahan dan akhirnya malah si ibu tidak bisa menikmati layanan dengan maksimal.

Karena layanannya dilakukan di rumah, terbukti sang batita bisa nyaman main. Meski ada juga saatnya dia minta menyusui. tapi terapis dan cara kerjanya cukup fleksibel sehingga bisa si kecil pun tetap mendapatkan kebutuhan pokoknya. Ibu senang dan yang kecil tetap riang!

Tampilan fitur pemesanan paket Healthy Massage

Baca juga cerita lengkap saya dengan Muztreat di Sensasi 3 Jam Terapi Pijat Sehat Bersama Muztreat! di sini!

Sambil dipijat, saya juga sempat ngobrol santai sama si mba terapisnya yang ramah itu. Perlu dicatat juga, si mba datang on time sesuai jam janji temu kami, jadi engga rugi jam terapi dengan harga yang sudah dibayar #emakemak Mbanya ini cerita kalau seluruh terapis di Muztreat adalah yang sudah terlatih. Mereka akan diberikan kursus dan pelatihan ketika masuk oleh tenaga pihak dalam Tewink Salon. Jadi tidak usah kuatir kalau kualitas terapis kurang atau berbeda dari salon. Mereka tidak akan sembarang dibiarkan keluar menerima klien tanpa seijin pihak managemen Tewink Salon.

Melihat cara kerja dan kerapihan penataan perangkat kerjanya, saya juga yakin kalau Muztreat memang berkomitmen untuk melayani para wanita yang tingkat kebutuhan akan sosialnya tinggi. Selain menghargai waktu dengan datang tepat waktu, seluruh barang bawaannya tertata rapi dan lengkap. Tidak hanya perangkat lulur, minyak, batu dan kawan-kawannya yang dibawa serta, namun juga kain kemben untuk menutupi tubuh. Jadi, kalau mau menyarankan ke kawan untuk menggunakan jasa layanan Muztreat ini dijamin engga akan malu-maluin.

Perkakasnya besih dan rapi untuk terapi satu orang.

Bicara soal kawan, ada layanan yang menarik dari Muztreat yaitu Treat With Friends. Jadi ceritanya, Saya bisa undang beberapa kawan untuk melakukan treatment Muztreat bareng. Paketnya sama dengan paket Healthy Massage, hanya dipesan untuk beberapa orang dalam satu waktu. Jadi kalau bingung mau bikin acara apa pas arisan dengan kawan dekat, membawa terapis Muztreat ke rumah dan pijat barengan sambil ngerumpi bisa jadi salah satu alternatif.


Paket Healthy Massage untuk beberapa orang dalam satu waktu

Kolaborasi Start Up Muztreat dan Tewink Salon

Saya masih penasaran apakah Muztreat memang memberikan keuntungan untuk bisnis yang sudah mapan berdiri. Untuk itu Pak Hafidz menjelaskan lebih lanjut bagaimana mereka berkolaborasi.

Kalau misalnya diukur dari segi bisnis, adanya bisnis start up Muztreat memberi nilai tambah bagi bisnis salon konvensional Tewink Salon. Ketika ada wanita macam saya yang tidak bisa datang langsung ke salon, tetap bisa mendatangkan keuntungan bagi salon lewat layanan salon mobile. Namun perlu diperhatikan jam pemesanannya saat ini dibatasi hanya sampai pukul 5 sore. Maklum para terapisnya semuanya adalah perempuan, jadi sangat dikuatirkan dan dijaga benar jika harus bepergian ke tempat klien hingga larut malam. Muslimah harus saling menjaga satu dengan yang lain, bukan begitu?

Promosi salon konvensional dengan start up Muztreat pun berbeda. Sebagai bisnis berbasis digital dan online, promosi via sosial media menjadi penting.

Sesuai dengan target marketingnya, layanan Muztreat menyasar para wanita modern golongan menengah ke atas yang sibuk namun memerlukan layanan kecantikan dan relaksasi. Karena itu, promosinya pun menitik beratkan pada kegiatan-kegiatan yang menyasar orang-orang tersebut. Salah satu kegiatannya adalah ikut serta di acara Internasional Indonesia Halal Lifestyle Expo di JHCC pada bulan Oktober 2017 lalu. Acara tersebut menggundang bintang kenamaan Indonesia, Risti Tagor dan komunitasnya. Dalam acara itu Muztreat berpartisipasi dengan memberikan voucher diskon bagi anggota komunitas tersebut. Terdapat pula video yang bisa dilihat di fanpage Muztreat secara lengkap.

Promosi lewat akun instagram pun digalakkan. Lewat instagram diberikan testimoni dari wanita-wanita berpengaruh di Indonesia. Mereka diberikan free treatment sebelumnya sehingga bisa memberikan tertimoni dan voucher diskon.


Penampakan akun Instagram @Muztreat.
Sedang ada penawaran diskon untuk Kamu pengguna perdana aplikasi ini, loh

Kalau Kita intip akun instagram Muztreat, ada beberapa artis, blogger dan wanita-wanita Indonesia yang sudah menggunakan jasa layanan Mutztreat dan memberikan testimoninya. Meski begitu, memang para penggunanya sementara hanya para wanita yang berdomisili di sekitaran Depok, Cibubur dan Jakarta Selatan saja. Padahal sudah cukup banyak wanita-wanita yang komen menginginkan jasa layanan ini hadir di kotanya. Doakan saja, ya, Ladies, supaya Muztreat bisa hadir di kota Kamu!

Tampil segar setelah mendapat layanan dari Muztreat


#StartupLyfe #DWVlogCompetition #MyRepublicIndonesia 


Artikel ini telah memenangkan Juara Favorit lomba blog dengan tema Pengalaman Menggunakan Jasa Startup Di Indonesia yang diadakan My Republic Indonesia