Langit Musik, Musiknya Hidup Kamu

Rasanya tak ada orang yang sanggup hidup dalam kesunyian. Karena itulah ritme atau irama itu hadir. Tidak selalunya bernyanyi, namun  bisa juga bersenandung, bersiul atau melagukan pembacaan ayat suci Al Quran (bagi umat muslim). Bisa dibilang keseluruhan irama itu bisa mendatangkan kesejukan hati bagi pendengarnya.

My Personal Canva Desain

Di era milenial pertumbuhan musisi dan musik makin beragam. Industri musik sendiri beralih dari penjajaan album lewat kaset dan CD menjadi bentuk MP3 dan MP4. Akibat perubahan ini, pendapatan musisi dari segi penjualan bentuk fisik menjadi turun. Pemutaran kaset dan CD kurang peminat menjelang kurun waktu 2008an. Namun, geliat musik di lini digital mengeliat. Seperti dilansir dari Majalah SWA online 12/06/2017, pasaran lagu saat itu tinggi lewat pemasangan Ring Back Tone (RBT), sekarang lebih dikenal dengan Nada Sambung Pribadi (NSP), lewat penyedia provider telepon selular. Dengan hanya kisaran waktu tayang 40 detik saja, sebuah lagu bisa meraup keuntungan 2 miliar rupiah. Angka ini setara dengan menjual 2 juta kopi album fisik, which is di jaman now agak tidak mungkin. 

Pendapatan musisi dan artis pun tidak serta merta turun. Karena ternyata kesempatan manggung seorang artis makin lebar di televisi. Kenapa? Karena bermunculan stasiun televisi nasional dan lokal  dengan acara musik yang makin banyak, membantu pertumbuhan musisi baru.

MAXcited, pertunjukan musik dari Telkomsel yang disiarkan langsung di aplikasi Langit Musik

Pada akhirnya, meski ada bagian yang ditinggalkan, namun musik pun berevolusi mengikuti perkembangan jaman.

Mengikuti jamannya yang sekarang serba digital dan praktis pun berpengaruh pada penikmat musik. Yang tadinya seseorang menikmati lantunan musik lewat radio di rumah atau mobil. Sekarang karena kehidupan lebih mobile, rasanya ga mungkin nenteng radio plus speakernya kemana-mana.

Kira-kira alat apa yang menggantikan radio, ya?

Dijamin semua tahu jawabannya! Yes, Smartphone.

Siapa yang hari gini tidak mengenggam benda satu ini di tangannya. Minimal ada tersimpan di saku. Benda smart ini bisa mengakomodasi keperluan komunikasi, informasi dan rekreasi.

Perkembangan smartphone pun meningkatkan pertumbuhan aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi handphone, baik untuk android dan IOS. Mengikuti tren ini pula aplikasi berbasis musik bernama Langit Musik hadir.

Langit musik adalah aplikasi buat penikmat musik. Pengguna bisa mendengarkan musik secara online maupun offline (dengan mendonlot lagu yang ingin didengar sebelumnya). Layanan premiumnya, dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau tapi dengan keuntungan yang maksimal. Keuntungannya yang bisa didapat adalah mendengarkan seluruh lagu tanpa iklan, bebas donlot sepuasnya dan mendengarkan tanpa perlu habis kuota.

Kenapa saya pilih donlot aplikasi musik.
Mungkin kamu masih bertanya-tanya, kenapa sih, aplikasi musik itu must have?

Saya punya jawabannya buat kamu!

Kalau sedang berkendara, jujur aja, saya masih mengandalkan musik dari siaran radio favorit. Tapi kalau sudah di rumah dengan seabrek agenda kerja domestik, malah makin sulit buat duduk dan dengerin musik lewat radio atau televisi. Masa iya, saat masak di dapur, beresin tempat tidur di 3 kamar atau nyiram kembang di taman bawa-bawa radio atau televisi ke semua tempat tadi demi untuk dengerin musik? Kalau di setiap penjuru rumah dipasang speaker pun rasanya berlebihan. Bisa-bisa disangka ITC depan kompleks yang riuh ramai dengan suara musiknya.

Karena itulah saya pilih mendengarkan musik dengan benda segenggaman tangan. Tapi saya engga pilih MP3 player. Saya lebih milih handphone, soalnya sepaket, bisa dengerin lagu kadang disambi chatting, browsing, media sosial interacting atau bicara di telepon.

Setelah mendengar ada aplikasi Langit Musik sekitar 3 minggu yang lalu, langsung tertarik buat donlot dan mencoba fiturnya.

KLIK untuk donlot aplikasinya

Ternyata, saya puas! Dengerin musik jadi ga kenal waktu dan tempat.

Ini beberapa alasan yang saya rangkum kenapa kamu pun harus donlot aplikasi ini di smartphone kamu:

Bank lagunya banyak dan LEGAL.
Di langit musik saya bisa temukan jutaan lagu dari dalam dan luar negeri. Kalau kamu punya 1 artis favorit, Langit Musik bisa menyediakan seluruh album yang pernah dia keluarkan dan lengkap semua lagunya. Dan yang paling bikin tenang semua lagunya itu LEGAL. Artinya Langit Musik mendukung perkembangan musik dengan memberikan hak yang seharusnya bagi para musisi.

Musik bisa didengar online dan offline.
Karena punya koneksi internet yang bagus (Saya dengerin banyak dari rumah, kalau mau tau provider internet kami ntar saya bisikin, ya), dengerin musik via Langit Musik bakalan ok banget. Kuota data yang terpakai pun tidak terlalu besar, jadi kamu bisa hemat kuota.  

Khusus untuk jaringan provider Telkomsel malahan ada paket khusus (term and condition-nya silahkan cek ke provider bersangkutan, ya). Saya sendiri pake provider selain itu dan masih lancar banget buat dipake nemenin jalan pagi bareng anak di sekitar kompleks.

Muterin lagu kesenangan ibu dan anaknya biar semangat jalan pagi!

Kalau misal berlangganan, bisa donlot lagunya dan nanti didengerin offline. Mau tahu biar jadi hemat banget? Saya kasih tipsnya! Pas istirahat kantor, minjem jaringan wifi kantor, pilih-pilih lagu dan donlot, deh! Siap dengerin nanti di perjalanan pulang pake KRL.

Senang banget, kan, pada akhirnya Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota 😉

Jangan lupa, khusus untuk bisa mendonlot lagu, kita harus langganan dulu layanan aplikasinya. Bisa 2 pilihan, mau bulanan atau mingguan.

Media Sosial Freak? Kudu cobain yang satu ini.
Saya lihat konsep Langit Musik itu seperti sosial media pada umumnya. Saya bisa follow artis favorit dan dengerin lagu-lagu dari album mereka. Dan tentunya tidak lupa buat save albumnya biar bisa dibuka pas pengen dengerin sewaktu-waktu.

Saya juga bisa saling follow dengan seseorang di dunia maya Langit Musik. Dengan follow, saya bisa tebak profile dia lewat pilihan lagu yang dia dengar. Meski begitu, interaksi yang terbentuk hanya sebatas melihat pilihan lagu dia hasil rekap seminggu, tanpa ada komunikasi tulisan atau lisan.

Gimana, kira-kira cocok denganmu? Kalau buat saya, kalau ada fitur bisa japri dengan sesama penikmat musik yang sama kayanya akan lebih seru, deh!

Hobi Karaoke atau Bersenandung?
Lagunya ear catchy abis! Pengen nyanyi bareng tapi engga apal liriknya? 

Jangan kuatir karena setiap lagu di aplikasi ini disertai dengan lirik. Jadi bisa ikutan nyanyi bak duet dengan penyanyi aslinya. Tapi sayangnya, saya mengalami ada aja momen dimana si liriknya engga jalan ke atas sesuai dengan nyanyian. 

Pake Android lebih seru!
Sejak awal nemu link buat donlot aplikasi ini hanya tersedia di Android.

Dan terus terang, ini baru ketahuan di akhir-akhir review aplikasi ini. Soalnya saya nebeng handphone suami gegara abis baterai (semua sources dikerahkan supaya bisa ngerasain asiknya aplikasi ini! Hehehe).

Mungkin karena sudah tersedia lebih dulu di google play, jadi fiturnya sudah lebih mapan. Ada fitur yang lebih di Android. Kita bisa sekalian liat video-video musik artis atau video hasil upload dari Langit Musik yang bertema tertentu.

Lihat rate aplikasi ini via Android sudah TOP abis!

Tapi namanya aplikasi ada aja, dong, yang kurangnya. Untungnya semakin sering pakai, engga semakin banyak juga komplainnya. 

Beberapa hal yang mesti jadi catatan hasil menggunakan aplikasi Langit Musik di IOS, di bawah ini:
1.    Aplikasinya pernah crash, karena saya skip iklan. Kalau udah begini, saya coba delete terus install ulang. Tapi sempat kaget karena harus log in dengan nomor telepon Telkomsel. Coba-coba masukin nomor dengan provider yang saya punya sekarang ternyata bisa juga.
2.    Pilihan fiturnya cukup bikin bingung pada awal-awal. Apa beda playlist dengan album, save album tapi engga masuk playlist, ada lagu di simpan tapi tidak masuk queue dan playlist, guna playlist untuk apa. Tapi lama-lama jadi biasa juga, kok, sambil coba satu per satu.
3.    Meski lagu sedang di putar, kadang waktu dalam keping CD hanya menunjukkan 00:00. Lirik pun tidak bergerak sesuai dengan lagu, diam di tempat.
4.   Sebagai pengguna IOS, harapannya fitur Android dan IOS akan sama. Kualitas di keduanya pun sama sehingga rate aplikasi Langit Musik di IOS pun akan meningkat :)

Kalau Kamu masih penasaran dengan review aplikasi Langit Musik lewat perspektif berbeda, kunjungi web blog https://www.jalantikus.com.

Dan pastikan Kamu donlot Langit Musik di smartphone Kamu yang akan selalu jadi Musiknya Hidup Kamu.

Seru! Dengerin musik tanpa batas.