Hidup Cermat dan Mudah dengan Kartu Kredit

Sudah banyak tulisan mengenai bagaimana cara mengelola keuangan dengan menggunakan kartu kredit. Tapi tak sedikit juga yang masih terjerat dengan hutang akibat tunggakan kartu ini.
 
Sebenarnya jika dilihat dari tujuan penggunaannya, kartu kredit adalah sebagai alat bantu pembayaran. Bank membantu membayarkan belanja pemegang kartu sebelum si pemegang kartu memiliki dana sebenarnya. Atas bantuan bank ini, dalam jangka waktu tertentu pemegang kartu tidak membayarkan ganti ke bank, disitulah denda atas keterlambatan pembayaran diberlakukan. Mencekik bak rentenir? Bisa jadi! jika memang pemegang kartu kurang cermat dalam menggunakannya. 

Namun kembali ke tujuan awal, berbelanja dengan hutang maka wajib membayar. Membayar sesuai dengan sepakatan pemberi dan penerima hutang di awal.

Kartu kredit sejuta manfaat dengan penggunaan yang tepat
Sumber foto : https://pixabay.com/en/credit-card-bill-bank-statement-1104961/

Karena denda keterlambatan, kita sebut bunga, inilah yang pada awalnya membuat saya pun enggan menggunakan kartu kredit. Namun dengan beberapa pertimbangan kemudahan dan keuntungan akhirnya kartu kredit pun bisa berguna.

Kartu kredit untuk menangguhkan pembayaran
Kita yakin bahwa kita punya dananya di akhir batas pembayaran tagihan bulanan. Jadi sah saja bila ingin belanja di awal sebelum batas tagihan selama setelah dananya ada segera bisa bayar tagihannya. Jadi bukan berarti membeli barang tanpa ada dana sama sekali karena itu sama saja dengan bunuh diri.

Pastikan limit kartu kredit tidak lebih dari jumlah pemasukan bulanan
Hasrat membeli barang terkadang buat sebagian orang sulit ditahan. Tanpa memandang gender, jika sudah namanya ketagihan belanja bisa mendatangkan masalah bagi setiap orang. Oleh karenanya, ukur kemampuan finansial yang sebenarnya dengan limit kartu kredit yang dimiliki. Tidak usah tergiur untuk menaikan limit kartu terus-menerus karena itu membuka peluang kepada ketidakmampuan Kita dalam membayar tagihan. 

Ingat! 
Jangan sampai terjadi pemupukan tagihan karena proses gali lubang tutup lubang setiap bulan.

Kartu kredit berguna untuk perjalanan pariwisata atau kerja keluar negeri
Untuk yang senang bepergian, memiliki kartu kredit menjadi barang wajib. Kenapa? Karena sebagian besar hotel, biro perjalanan, atraksi pariwisata mewajibkan para pelanggannya melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Kemudahan bertransaksi adalah salah satu alasannya. Selain itu, apabila ada klaim di akhir masa pakai jasa, para merchant itu akan mudah meminta pembayaran lebih lewat tagihan kartu kredit dibandingkan dengan meminta uang tunai. 
Saya sendiri lebih suka menggunakan kartu kredit jika bepergian. Dengan memakai kartu, saya justru akan dapat mengelola uang tunai yang perlu ditukarkan dengan uang tunai lokal. Membawa uang tunai dalam jumlah besar saat bepergian sangat tidak dianjurkan karena rawan hilang atau bersisa akibat terlalu banyak tukar.

Bepergian dan Belanja dengan satu kartu yang aman
Sumber foto: https://pixabay.com/en/shopping-credit-card-purchasing-pay-2735735/

Ada poin-poin yang bisa ditukarkan dengan barang di akhir tahun
Belanja dengan kartu kredit akan memperoleh bonus poin. Semakin banyak belanja, semakin banyak poin rewards yang didapat. Poin itu akan dapat ditukar dengan sejumlah barang atau voucher yang dapat dipakai kembali berbelanja. Tapi ingat sekali lagi! Bukan berarti bisa membeli barang tanpa perhitungan di luar keperluan.

Tawaran menarik dari merchant yang bekerja sama
Memang tidak bisa dipungkiri, punya kartu kredit identik dengan perilaku konsumtif. Lagi-lagi saya tegaskan membeli barang sesuai dengan keperluan! 
Namun demikian, kartu kredit sekarang bekerja sama dengan banyak penyedia barang dan jasa untuk memberikan bonus, paket buy one get one, diskon atau voucher perbelanjaan. Ketika perlu dan ada kemudahan semacam itu, tentunya pemegang kartu diuntungkan.
Para penyedia layanan yang bekerja sama beragam macam, dari yang sifatnya rekreasi sampai kebutuhan pokok.

Dari semua alasan,  kartu kredit dari Bank BRI, Easy Card, bisa menjadi pilihan

Kenapa memilih Bank BRI?
BRI sudah melayani masyarakat Indonesia bahkan sejak jaman kolonial Belanda. Setelah periode kemerdekaan, BRI melayani masyarakat tani dan nelayan, dengan nama yang berbeda. Begitu panjang sejarah BRI hingga akhirnya di tahun 2003, pemerintah menjual 30% sahamnya kepada publik. Hingga sekarang BRI adalah salah satu bank terbesar di Indonesia.

BRI Easy Card

Sesuai dengan perkembangan perbankan, BRI pun berinovasi dengan layanannya termasuk dengan kartu kredit easy card. Banyak alasan mengapa kartu ini menjadi pilihan untuk menjadi “magic card” Anda.
·      Kartu kredit Easy Card diterima di seluruh dunia
·      Banyak merchant yang bekerja sama dan memberikan promo menarik.
·      Layanan call center siap 24 jam
·      Layanan auto pay supaya membayar tagihan menjadi mudah dan tepat waktu

Bukan hanya itu, di era digital di mana waktu menjadi sangat berharga, apply kartu kredit Easy Card bisa dengan cara online. Praktis banget! Hanya tinggal membuka website BRI, cetak sendiri file pdf formulirnya, lengkapi surat-surat kelengkapannya dan akan ada kurir BRI yang menjemput file aplikasi Kamu.

Yang tak kalah menariknya, kartu ini memberikan layanan Tu Wa Ga Cashback. Siapa yang tak senang kalau setelah tarik tunai di ATM, belanja di supermarket sampai isi bensin di SPBU bisa dapat kembalian pembayarannya. Ga tanggung-tanggung cashbacknya dikisaran 1% - 3% dari transaksi. Dengan maksimal cashback sebesar Rp 250,000,-.

Merchant yang bekerja sama pun bukan merchant sembarangan. Hampir semuanya brand berkelas dan memberikan promo yang menguntungkan. Meski promo tapi poin ga pake dipangkas, dong?! Tetap sejumlah belanja Kamu akan diakumulasikan ke jumlah poin buat ditukar dengan barang lain nantinya. 

Kalau perlu info-info ter-update dari BRI dan Easy Card-nya, sekarang pun ga perlu susah lagi. Segala informasi tentangnya ada di media sosial BRI, baik di Fanpage Facebook Bank BRI dan Instagram @bankbri_id.

Jadi tunggu apa lagi, kartu kredit bukan kartu mencekik selama cermat dan tepat menggunakannya. Kuncinya adalah menahan diri dari napsu berbelanja, bisa memiilih mana barang yang memang diperlukan dan melakukan pembayaran dengan tepat waktu. Jika tidak mendesak, akan lebih baik menabung pelan-pelan hingga dananya terkumpul dan membelinya dengan tunai.

Selamat Belanja Cerdas! #BRIEasyCard