Berjejaring dan Bersemangat

Bertemanlah dan Berkembanglah bersama!

Tentunya carilah teman yang sejalan dan dapat memberikan aura positif. Itulah yang terjadi pada saya.

Boleh dicoba bahwa salah satu penangkal writer block yang ampuh adalah dengan bersosialisasi kembali dengan para penulis atau praktisi dunia penulisan. Banyak media kembalinya mencari jejaring, bisa dengan grup fb, milis atau yang mudah dan langsung intip, grup whatsup.

Ceritanya dimulai saat nomer handphone saya dimasukkan ke dalam grup alumni Sekolah Perempuan. Anggotanya merupakan alumni dari angkatan pertama hingga saat itu yang sudah gelombang ke 12. Maksud pembentukan grup untuk menyemangati gelombang yang baru selesai untuk merampungkan naskahnya. Berbagi cerita seputar suka duka menulis, kiat menulis sampai kegembiraan promosi buku saling dibagi di grup tersebut. Harapannya, semangat mereka akan terpecut untuk cepat selesai dan peluang bukunya terbit bukan hanya anggan.

Namun ternyata impaknya jauh lebih positif buat saya, yang sudah lama alumni. Rasa keinginan menulis terpecut kembali dengan melihat kesuksesan yang lain. Meski memang belum jauh pecutannya, namun keinginan untuk bisa lebih maju dan konsisten menulis selalunya ada.

Kembalinya ikutan training menulis yang diikuti Indscript menjadi salah satu awalnya. Dari situ masuklah kembali ke grup dengan komunitas menulis dan bisnis yang lebih spesifik. Memantau sharing, obrolan bahkan ada yang sudah mencoba keberuntungan masukin naskah buat buku antalogi (yang belum ketahuan kembali beritanya :p), menulis artikel lepas di website emakpintar dan membuka jalan buat projek lain lepasan.

At the end, buat saya berjejaring tidak hanya menambah kawan namun membakar semangat yang seringnya kendor. Tak apa lah ya sesekali hati terbakar tak ingin kalah sukses dengan yang lain. Yang lain saja bisa kenapa saya tidak? hehehe Namun terbakar saja tak cukup, cukupkan juga usahanya. Semangat!!