Suara mengudara untuk Promosi

Siapa yang menyangka kalau bisa kembali siaran setelah sekian tahun vakum* hehehe Kali ini bukan sebagai punggawa yang megang mixer tapi sebagai narasumber plus promotor buat novel perdana ;)

Memang sejak awal target promosi pengen juga bisa woro-woro di radio kalau sudah sampai ke Indonesia. Tujuannya sudah pasti supaya bisa menjangkau pendengar radio tersebut untuk membeli buku. Sebagai mantan penyiar kala masih mahasiswi yang lalu (ga usah sebut angkatan yaks), saya masih percaya bahwa tarikan kata-kata penyiar radio idaman bisa berefek magis buat pendengarnya. So, kalau mereka mau bantu promoin Love Fate, tentunya saya tidak menolak.

Berdebar juga kalau jadi narasumber :)
Sebelum pulang kampung Juli 2015 lalu, saya sudah sempat kontak-kontak dengan bagian marketing dari Elex tentang promo ini. Dengan bantuan mereka akhirnya saya dapat setengah jam plot siaran di 91.2 FM Pro 1 RRI Jakarta dalam acara Cakrawala Pustaka bareng Mas Yudi. Pertanyaannya tentu seputar tokoh dan konflik di Love Fate. Kalau bicara tentang konflik, terus terang sulit banget jelasinnya karena rawan spoiler :p Tapi tentunya itulah yang menarik dan bikin penasaran para pembaca. Disini Pro 1 RRI dan Elex ngasih Give Away juga buat para pendengarnya. Karena singkatnya, selama 30 menit itu bener-bener hanya terselang sedikit lagu, tentunya semua informasi tentang Love Fate dan sekaligus pembuatannya di Sekolah Perempuan pun dibahas juga :)

Bersama Mas Yudi bergaya dengan Love Fate
Mencari-cari radio lain di Bandung dengan koneksi beberapa kawan pun tidaklah mudah. Bahkan sebelum pulang pun saya sempat email beberapa radio pun tak ada balasan. Radio dari kenalan pun sekarang sudah berbayar untuk program promosi semacam ini. Wajar saja, saya perhatikan tak banyak program resensi buku di radio dan salah beberapa diantara radio favorit tentunya antrian yang berkenan banyak sekali dan akan jadi ladang pemasukan radio yang lumayan.

Beruntung karena Love Fate ikut serta di Jakbook and Edu Fair di akhir Juli 2015 lalu di Jakarta. Waktu itu Love Fate yang bagian dari Indscript Creative bisa mejeng di stand yang dikelola oleh Indscript dan 94.7 UFM Jakarta. Selain bisa Love Fate dipajang di stand, saya dapat kesempatan juga buat promo Love Fatenya di radio. Senang banget lah, sekalian semua paket dapet hehehe

Waktu itu acaranya MomsAndBook yang dipandu mas Toni. Konsepnya kurang lebih sama, nanya seputaran Love Fate dan pembuatannya. Bahkan mas Toni pun mengambil beberapa quotes dan komentar para pembaca. Liputan dari Jakbook pun diperdengarkan supaya orang lebih tertarik lagi untuk datang. Pas banget deh, buku tentang perempuan dipromosiin ke perempuan juga! (yang lelaki juga boleh beli kok :))

Berfoto bersama Mas Toni dan Goodie bag asik dari UFM
Yang terakhir ini spesial banget karena saya kenal baik penyiarnya, DJ Hotman Cristian dari 96 FM Pro 2 Bandung. Kami kenalan karena sama-sama sebagai penyiar dulu di radio ini :) Sekarang Hotman tetap berkarir di sini dan malah kedudukannya sudah lebih tinggi. Ketika mengontak Hotman, dia menyambut baik keinginan saya buat memperkenalkan Love Fate disitu. Kami set tanggal dan bisa siaran satu di program Pro 2 Resensi lumayan lama.

mejeng di studio Pro 2 sehabis siaran
Mejeng bareng sang DJ, Hotman Cristian
Over all, saya cukup puas dan bersukur karena kesempatan-kesempatan untuk promo di radio ini bisa datang. Betapa kesempatan sedikit saja untuk memperkenalkan Love Fate ke pembaca secara lebih luas mendatangkan harapan bahwa ada yang akan membaca buku ini. Dan setelah membaca, semoga Anda suka dengan ceritanya, temukan bahwa ukuran kebahagian setiap orang adalah berbeda di endingnya :)