Pre-Order, promosi Pertama Love Fate

Umumnya sebelum sebuah buku terbit, penulis mengumumkan pre-order bukunya kepada kalangan dekat dan pembaca yang sudah dia miliki. Biasanya sangat spesial karena dibubuhi tanda tangan dari si penulis sebagai bonus yang ga akan mungkin di dapat di toko buku. Ada lagi penulis yang nambahin cenderamata yang berhubungan dengan bukunya, misalnya notes, pin apa pun deh, sekreatif mungkin.

Sebagai penulis baru, saya tentunya belum punya pembaca huhuhu eh, tapi saya pengen dong untuk menarik pembaca. Kendala utama saya adalah ketika Love Fate terbit, saya tidak ada di Indonesia. Dan ga mungkin pulang juga buat membubuhkan tanda tangan di buku secara langsung.

Bingung? Banget ... puter-puter otak gimana caranya supaya orang tertarik buat ikutan Pre-Order alias PO pertama saya.

Sempet ada ide, buat sesuatu suvenir terus ada tandatangan saya di situ, print kartu pos Love Fate dan kasih tanda tangan printan di dalamnya, stiker bertanda tangan atau ide lain seputaran tanda tangan yang nantinya bisa jadi signature spesial dalam bukunya.

Sedang dalam kebingungan, suami punya ide cemerlang, kebetulan ada salah satu kenalan kami yang akan pulang ke Indonesia di akhir bulan sebelum Love Fate terbit, "Titip saja kartu pos bertandatangan kepada dia, supaya hadiahnya pun terlihat lebih personal."

Jadilah, sejumlah kartu pos berlatar belakang kota-kota di Jerman dipesankan suami dari Ebay dan saya punya tugas memberikan quote dan tandatangan asli di kartu pos itu. Pulpennya pun kami siapkan yang khusus supaya tulisannya menempel bagus di kartu pos, tidak terlalu tebal atau tipis.

 Kartu Pos Bergambar Latar Belakang Kota-kota di Jerman

Sangat bersukur dengan moment yang sesuai dengan keperluan datang disaat yang memang tepat, namun karena nebeng, maka harus sabar karena kartu pos ini sempat jalan-jalan ke Bali sampai akhirnya tiba di Bandung dengan bantuan adik-adikku yang baik hati.

Belum cukup dengan kartu pos, saya merasa perlu menarik pembaca dengan sebuah cenderamata. Apa ya yang cocok? Pucuk dicinta si "Benih" tiba. Dari sebuah grup facebook akhirnya ide memberikan benih tanaman ini muncul.

Kenapa Benih? Selain unik, sesuai dengan tema Love Fate, bahwa Tessa-Mas Bhas sedang berusaha menanamkan benih (aka. calon janin) di perut Tessa. Meski mereka belum berhasil hingga saat ini, namun ada proses tanam menanam di dalamnya. Lebih jauh, ibaratnya filosofi menanam benih tanaman seperti menanam kecintaan terhadap Love Fate (dan tentunya penulisnya hehehe).

Saya sendiri bukan yang ahli dalam hal tanam-menanam, entah kenapa selalu gagal dan kekeringan. Namun saya sangat menganjurkan pembaca yang sudah menerima benih ini menanamkan benihnya di rumah Kalian, sesungguhnya buah kesabaran merawat tanaman ini akan berbaloi (bahasa melayu, artinya berharga/layak) setelah kita bahagia menerima panennya.
  
 Benih tanaman; kangkung, ketimun, cabe rawit, tomat, sawi, dll


Akhirnya semua lengkap, maka PO pun mulai dilempar ke medsos dan grup chatting di WA. Sebuah metode pendaftaran dengan mengisi form dimaksudkan supaya mudah bagi pemesan dan asik saya, pelaksana PO. Meski masih banyak koordinasi, terutama konfirmasi biaya ongkos kirim, sangat senang dan bersukur PO telah selesai dan buku pun sudah diterima dengan baik oleh pembaca.


Promo PO Love Fate melalui Facebook, lengkap dengan Attachment Form Google

Meski ada kekurangan menunggu kartu yang sampai sedikit telat, atau konfirmasi ongkir yang harus beberapa kali menelepon, terima kasih saya pada Aunty Fifi dan Om Sandy yang membuat PO ini menjadi mungkin :)

Setelah PO selesai dan buku diterima, seneng banget karena para pembelinya mengupload buku beserta suvenirnya ke halaman facebook saya. So, selamat membaca dan tunggu kembali Pre-Order Kedua, InsyaAllah :)


Noted: Sampai saat ini masih ada beberapa online shop yang masih memiliki paket bonus seperti PO (kartu pos dan tanda tangan), So, hubungin saya ya buat pembelian khusus ini. TERBATAS!












Comments